HUBUNGAN PIJAT BAYI DENGAN KUALITAS TIDUR BAYI USIA DIBAWAH DUA TAHUN DI DESA WINONG PATI

  • Anzar Ahlian
  • Retno Wulan
Keywords: pijat bayi, kualitas tidur

Abstract

Pijat bayi merupakan pengungkapan rasa kasih sayang antara orang tua dengan anak lewat sentuhan pada kulit. Pijatan lembut akan membantu mengendurkan otot-ototnya sehingga bayi menjadi tenang dan tidurnya nyenyak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pijat bayi dengan kualitas tidur bayi usia dibawah dua tahun. Jenis penelitian yang digunakan observasi analitik dengan metode cross sectional. Sampel yang digunakan sejumlah 45 bayi usia dua tahun. Teknik sampling menggunakan total sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang melakukan pijat bayi sebanyak 24 (53.3 %), dan memiliki kualitas tidur baik sebanyak 19 (42.2%). Terdapat hubungan antara pijat bayi dengan kualitas tidur bayi usia dibawah 2 tahun, dengan nilai p value adalah 0.001.
Penelitian ini diharapkan para orang tua lebih memperhatikan kualitas tidur bayinya melalui rutin melakukan pijat bayi yaitu setiap 1-2 bulan sekali. Melalui pijat, bayi akan merasakan kenyamanan, sehingga membuat dia tidur lebih lama dan tidak rewel.

Published
2021-01-29