PENGARUH EDUKASI STUNTING MENGGUNAKAN METODE AUDIOVISUAL DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU DENGAN ANAK STUNTING

  • Ajeng Maharani Pratiwi
  • Erinda Nur Pratiwi
Keywords: Audiovisual, Booklet, Pengetahuan Ibu, Stunting

Abstract

Latar Belakang: Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh untuk mencapai pertumbuhan normal yang
diakibatkan oleh status gizi kurang dalam periode waktu lama. Pencegahan serta penanganan stunting
dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki anak stunting agar tidak berlanjut
pada anak selanjutnya. Pemberian edukasi pada ibu dapat dilakukan menggunakan metode audiovisual
dan booklet. Tujuan Penelitian: mengetahui pengaruh pemberian edukasi dengan metode audiovisual
dan booklet terhadap pengetahuan ibu tentang stunting di Desa Jekani Kecamatan Mondokan Sragen.
Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan non equivalent
control group design yang dilaksanakan pada bulan september 2020. Sampel penelitian ini adalah 60
orang ibu – ibu dengan anak stunting. Analisis data menggunakan Paired t-test, Independent t-test, dan
Chi Square. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil Penelitian: Terdapat peningkatan
pengetahuan antara dua kelompok dengan p-value=0.000. Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengaruh
edukasi terhadap pengetahuan ibu dengan anak stunting dengan metode audiovisual dan booklet

Published
2022-01-31