KEPUASAN PASIEN BPJS TIPE C PADA PELAYANAN PERSALINAN OLEH BIDAN DI PUSKESMAS KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN 2019

Authors

  • Siti Ni’amah
  • Sifa Altika

DOI:

https://doi.org/10.52299/jks.v10i2.54

Keywords:

Kepuasan, Pasien BPJS, Mutu Pelayanan Persalinan

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan persalinan BPJS tipe C oleh bidan desa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS tipe C pada pelayanan persalinan oleh Bidan di puskesmas kayen Metode: Jenis penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Responden yang diteliti 30 orang pasien yang dipilih dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji rank spearman dan regresi logistik berganda. Hasil penelitian: 51,1% reliability (kehandalan) pelayanan BPJS tipe Coleh Bidan sebagian besar baik, 51,1% responsiveness (cepat tanggap) sebagian besar baik, 51,1% assurance (jaminan) baik, 67,8% empathy (perhatian) sebagian besar baik, 65,6% tangibles (bukti langsung) sebagian besar baik. Faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS tipe Cadalah reliability (p = 0,000), responsiveness (p = 0,000), assurance (p = 0,011), empathy (p = 0,020), tangibles (p = 0,001). Faktor yang secara bersama-sama berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS tipe C pada pelayanan persalinan oleh Bidan adalah reliability, assurance, empathy, tangibles. Kesimpulan: Kepuasan pasien BPJS tipe Ccukup baik, faktor yang mempengaruhi kepuasan adalah reliability (kehandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), empathy (perhatian), tangibles (bukti langsung) dengan kepuasan pasien jampersal.

Downloads

Published

30-07-2019