HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN TINGKAT STRES DALAM MENYUSUN TUGAS AKHIR PADA MAHASISWA STIKES NGUDI WALUYO UNGARAN

Authors

  • Putri Rahma Dini
  • Arif Iswanto

DOI:

https://doi.org/10.52299/jks.v10i2.50

Keywords:

dukungan sosial teman sebaya, tingkat stres, mahasiswa

Abstract

Teman sebaya merupakan sumber status, persahabatan dan rasa saling memiliki yang penting dalam situasi sekolah. Anak di sekolah biasanya menghabiskan waktu bersama-sama paling sedikit selama enam jam setiap harinya. Sistem dukungan sering kali diperlukan untuk bertahan terhadap tingkat stres. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres dalam menyusun tugas akhir pada mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo. Jenis desain penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di STIKES Ngudi Waluyo sebanyak 249 mahasiswa, sampelnya 72 responden menggunakan teknik accidental sampling serta alat pengambilan data menggunakan kuesioner. Uji analisis data menggunakan analisis chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo dalam menyusun tugas akhir mendapat dukungan sosial dari teman sebaya sebanyak 52,8% dan yang mengalami stres ringan 43,1%. Ada hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres dalam menyusun tugas akhir pada mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo, p value 0,041 (? = 0,05). Hendaknya mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo yang sedang menyusun tugas akhir dapat meningkatkan dukungan sosial kepada teman sebaya misalnya meminjamkan buku literatur.

Downloads

Published

30-07-2019