PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI VIDEO EDUKATIF TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMPN 2 TENGARAN
DOI:
https://doi.org/10.52299/jks.v15i02.467Keywords:
anemia, media audio visual, pendidikan kesehatan, remaja, video edukatifAbstract
Kekurangan zat besi menjadi permasalahan gizi yang belum terselesaikan di Indonesia, dengan remaja putri sebagai kelompok yang paling rentan mengalami anemia. Oleh karena itu, remaja perlu diberikan edukasi mengenai upaya pencegahan anemia. Peningkatan pengetahuan remaja tentang anemia dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan menggunakan media video edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui video edukatif terhadap pengetahuan tentang anemia pada remaja putri di SMPN 2 Tengaran. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental. Populasi penelitian adalah siswi kelas VII sejumlah 162 orang, dengan sampel sebanyak 62 responden yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan rumus Slovin. Uji bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi. Peningkatan skor pengetahuan menunjukkan bahwa video edukatif efektif sebagai media pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa penyampaian informasi melalui media audiovisual dapat membantu meningkatkan pemahaman materi secara lebih menarik dan mudah dipahami. Hal ini mendukung penggunaan media audiovisual sebagai strategi pendidikan kesehatan yang inovatif dan mudah diterima oleh remaja. Diharapkan remaja dapat terus meningkatkan pengetahuan dan menerapkan perilaku hidup sehat guna mencegah anemia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.