TINGKAT KEPUASAN IBU POST PARTUM DI RUMAH SAKIT SEBENING KASIH YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN NIFAS

  • Khifdhiyyatus Sa’adah
  • Suparjo
  • Ferry Rachmawati S
Keywords: Mutu pelayanan, nifas, kepuasan dan ibu post partum

Abstract

Pelayanan masa nifas merupakan pelayanan yang dilakukan tenaga kesahatan ke ibu nifas selama masa nifas yaitu dimulai setelah kelahiran placenta dan berakhir ketika alat–alat kandungan seperti keadaan sebelum hamil, masa nifas berlangsung selam kira–kira 6 minggu (Bayhatun 2015). Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan klien. Pelayanan pada masa nifas yang tidak sesuai dengan harapan klien dapat menyebabkan masalah psikologis (Syafrudin, 2014). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Nifas Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Post Partum Di Rumah Sakit Sebening Kasih. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Correlation Study dengan rancangan cross sectional. Berdasarkan teknik random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan; 1). Kualitas pelayanan di Rumah Sakit Sebening Kasih sebagian besar cukup sebanyak 30 orang (60,0%), 2). Tingkat kepuasan ibu post partum di Rumah Sakit Sebening Kasih sebagian besar mengatakan cukup puas sebanyak 24 orang (48,0%) dan 3). Ada hubungan mutu pelayanan nifas terhadap tingkat kepuasan ibu post partum di Rumah Sakit Sebening Kasih dengan nilai signifikan Pvalue = 0,022 < 0,05, artinya kepuasan ibu post partum di RS Sebening Kasih berhubungan dengan mutu pelayanan nifas. Diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi RS Sebening Kasih Pati untuk meningkatkan mutu pelayanan kebidanan pada pelayanan ibu nifas khususnya pada dimensi kehandalan (melaksanakan pelayanan secaratepat dan dapat dipercaya), daya tanggap (kesediaan membantu pasien dengan cepat) dan empati (perhatian atau pemahaman secara pribadi kepada pasien) petugas didalam pelayanan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan, seminar-seminar atau workshop bagi petugas yang bertujuan untuk memberikan pelayanan prima sehingga pasien puas dengan pelayanan yang diberikan.

Published
2023-01-31