PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIC HALUS ANAK PRASEKOLAH USIA 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.52299/jks.v15i2.268Keywords:
Permainan fuzzel, motorik halusAbstract
Anak usia 4-5 tahun termasuk kedalam usia anak prasekolah yang biasanya disebut sebagai golden period atau masa keemasan dikarenakan proses tumbuh kembang berlangsung sangat pesat.Istilah tumbuhkembang sebenarnya mencakup dua peristiwa yang berbeda tetapi salingberkaitan dan sulit dipisahkan. mengacu pada perubahan fisik tertentu dan peningkatan ukuran tubuh anak, semua bentuk pertumbuhan anak ini dapat diukur secara langsung dan dapat dipercayahasilnya. Sedangkan perkembangan mengacu pada bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil dari proses pematangan organ atau individu Desain penelitian pre eksperimen yang bersifat one group pretest-postest untuk melihat Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan motoric halus anak prasekolah. Penelitian ini dilakukan di TK Nurul Iman Desa Talang Kerinci Kabupaten Muaro Jambi pada bulan Februari 2024. Populasi pada penelitian ini sebanyak 24 dengan teknik pengambilan yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dengan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan analisis Univariat dan analisis Bivariat. Hasil diperoleh bahwa nilai rerata perkembangan motorik halus anak prasekolah sebelum diberikan permainan puzzle yaitu 1.70 dan setelah diberikan permainan puzzle meningkat menjadi 1.96. Hasil uji statistik diperoleh nilai P=0.014 maka dapat disimpulkan ada Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan motoric halus anak prasekolah usia 4-5 Tahun .sebagian besar dari responden mempunyai perkembangan motorik halus sesuai dan hampir setengahnya lagi penyimpangan. Perkembangan motorik halus salah satunya di pengaruhi oleh usia semakin muda usia anak, maka semakin banyak penyimpangan yang di lakukan dan sebaliknya semakin bertambahnya usia anak maka semakin banyak pula gerakan yang akan di lakukan oleh anak, karena mereka beranggapan bahwa sesuatu yang baru akan menarik perhatiannya sehingga mereka akan menirukan gerakan –gerakan tersebut4. Ada pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah usia 4-5 Tahun Tahun 2024 nilai p-value 0,014
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





