HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN MENGONTROL BUANG AIR BESAR DAN BUANG AIR KECIL PADA ANAK USIA 3 TAHUN DI DESA JATISARI KECAMATAN JAKENAN KABUPATEN PATI TAHUN 2012

  • Murni Asih Arining Tyas
  • Uswatun Kasanah
  • Nopri Padma Nudesti
Keywords: Pola asuh orang tua, BAB, BAK pada anak usia 3 tahun

Abstract

Pola asuh merupakan sikap orang tua dalam berinteraksi dengan anak-anaknya. Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Karena pada masa ini pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Salah satu stimulasi yang penting dilakukan orangtua adalah stimulasi terhadap kemandirian anak dalam melakukan BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil).
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Hubungan Tingkat Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kemandirian Mengontrol BAB dan BAK Pada Anak Usia 3 Tahun Di Desa Jatisari Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun 2012.
Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita berumur 3 tahun di Desa Jatisari Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati
Responden di Desa Jatisari Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati sebagian besar mempunyai pola asuh yang autoritatif sebanyak 54 orang (79,4%) dan paling sedikit mempunyai pola asuh otoritatif sebanyak 4 orang (5,9%). Responden di Desa Jatisari Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati sebagian besar mempunyai kemandirian yang baik sebanyak 41 orang (60,3%) dan yang mempunyai kemandirian tidak baik sebanyak 27 orang (39,7%). Ada hubungan antara pola asuh dengan kemandirian mengontrol BAB dan BAK pada anak usia 3 tahun di Desa Jatisari Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati (p value 0,009 < 0,05).

Published
2021-01-29