ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PRAKTIK CARA MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS ASI PADA IBU MENYUSUI DI KLINIK IBU DAN ANAK RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG

  • Ester Ratnaningsih
Keywords: Tingkat Pengetahuan, Praktik, Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas ASI

Abstract

Pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu bentuk perilaku kesehatan yang memberikan manfaat yang besar untuk bayi, ibu dan negara. Bayi yang diberi ASI Eksklusif secara nasional sebesar 54,3% data ini masih jauh dari target pencapaian pemerintah yaitu 80%. Cakupan ASI Eksklusif untuk propinsi Jawa Tengah tahun 2015 sebesar 61,6%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan usia, pendidikan, paritas, lama menyusui, tingkat pengetahuan dengan praktik cara meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu menyusui yang memeriksakan kesehatan di Klinik KIA Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang sebanyak 57 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Accidental Sampling, data dianalisis univariat dengan distribusi frekuensi dan persentase serta secara bivariat dengan chi square.
Hasil uji Chi Square didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara lama pemberian ASI (nilai p 0,024), paritas (nilai p 0,011) dan tingkat pengetahuan (nilai p 0,002) dengan praktik cara meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan dan umur ibu dan dengan praktik cara meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI (p> 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diharapkan bagi petugas kesehatan dan agar lebih berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik ibu menyusui tentang cara meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI melalui penyuluhan secara kontinyu.
Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Praktik, Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas ASI
ABSTRACT

Published
2018-01-31