HUBUNGAN KINERJA BIDAN DENGAN TINGKAT KEPUASAAN PELAYANAN ANTENATALCARE DIPUSKESMAS 23 ILIR PALEMBANG TAHUN 2021

  • Isarotun
  • Suparjo
  • Ferry Rachmawati
Keywords: Kinerja Bidan, Kepuasaan Pelayanan ANC

Abstract

Salah satu program untuk menurunkan AKI di Indonesia dengan upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terutama pelayanan antanatal care adalah layanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga profesional (dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat) untuk ibu selama masa kehamilannya, sesuai dengan standard pelayanan minimal. Pelayanan pemeriksaan ibu hamil oleh tenaga profesional yang sesuai dengan standar pelayanan Antenatal Care (ANC), yaitu timbang berat badan (BB), ukuran tekanan darah, ukuran tinggi fundus uteri (TFU), imunisasi Tetanus Dipteri (TD) lengkap, pemberian tablet zat besi, tes terhadap penyakit menular dan di akhiri temuwicara dalam rangka persiapan rujukan dan kinerja pelayanan bidan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja bidan dalam melayani antenatal care, Untuk mengetahui hubungan kinerja bidan dengan kepuasan pelayanan antenatal care (ANC) dipuskesmas 23 ilir Palembang dan Jenis penelitian dalah survey analitik dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh ibu hamil yang berkunjung ke Puskesmas 23 ilir Palembang untuk memeriksakan kehamilannya. Sampel berjumlah 70 ibu hamil dengan teknik Incidental Sampling. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian diketahui uji statistic hasil uji statistic p 0,000 berarti nilai p < 0,05 dengan ini dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan signifikasi yang sangat kuat dan searah antara kinerja bidan (12 T) dengan kepuasaan pelayanan ANC Pada ibu hamil dipuskesmas 23 ilir palembang.

Published
2022-07-29